Langsung ke konten utama

KULIAH ATAU KERJA ?

        Selamat ya buat adek-adek yg saat ini sudah menyelesaikan jenjang SMA maupun SMK. Survey membuktikan bahwa ada 7:10 siswa bingung mau kuliah atau kerja dulu. Kalian pasti juga kan ? Ngaku aja deh. Siapa yang masih bingung ? Disini saya punya opini tersendiri ya, berdasarkan pengalaman pribadi. Sudah 3 tahun yg lalu lebih tepatnya di tahun 2014 saya baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan SMA jurusan IPS di salah satu SMA swasta di Surabaya, yaitu SMA Hang Tuah 4 Surabaya.
        Dulu saya pengeeeeen banget yang namanya kuliah. Saya sudah daftar tuh di salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya dengan kategori perbankan terbaik, bebas tes loh karena nilai raport saya rata-rata 8,5 . Seneeeeeng banget rasanya. Tapi, Tuhan berkata lain. Bapak saya diambil oleh-Nya. Pesan terakhir beliau, "belajar yang pinter". Saya sempat stres berat menghadapi kenyataan pahit (wussss puitis). Perjalanan dimulai !!!
  1. Okelah 2 bulan sudah berlalu. Juli 2014, saya menaruh puluhan lamaran dimana-mana, tanpa tahu ada lowongan apa enggak. Alhasil, dari sekian puluh lamaran yang saya sebarkan, ada beberapa yang dipanggil.
  2. Diterimalah saya di salah satu perusahaan swasta bertaraf Tbk. di Surabaya. Sudah 5 hari saya menjalani masa training (ada beauty class, ada cara pelayanan, ada cara berbicara, product knowledge, dll). Ehhh... lah kok hari ke 5 saya tiba-tiba sakit panas. Nggak kuat lah ya, saya disuruh hafalkan komposisi semua produk dari perusahaan tersebut. Resign lah saya dengan cara tiba-tiba nggak masuk (maklum baru lulus, kaget dunia luar)
  3. Lamar-lamar lagi deh. Yaaaaaaak, saya diterima di salah satu pusat perbelanjaan ternama dan termahal di Surabaya. Yayaya, saya disana cuma 5 hari juga dan resign, tapi kali ini lebih sopan. Telfon atasan untuk mengundurkan diri. Karena, saya dituntut untuk memakai soflense (tidak boleh berkacamata) dan pakai heels. Tingginya nggak seberapa sih, tapi sakit banget di kaki. Toh saya juga tinggal di rumah budhe, Banyuurip belakang Giant tuh. Sungkan juga kan, nggak enak jauh sama ibuk dan adek, malah ngerepotin budhe sama pak de. Yah sudah deh yaaa. Sudah 2 perusahaan saya lewati tanpa gaji (yaiya lah 5 hari minta gaji, tau diri aja)
  4. Cari lagi cari lagi. Dapat panggilan interview di salah sat optik ternama di Indonesia. Saya ditawari training di Jakarta. Wah, dengan UMR di zaman 2014 saya ditawari gaji lebih dari itu. Sampai rumah, saya izin ke ibuk. Boleh tidak buk ? Ibuk menjawab tidak. Ya saya sih nurut.
  5. Agustus 2014. Cari-cari lagi, saya dapat kerja event info dari Mbak Dwi tetangga depan rumah. Menurut saya dulu nih, yang namanya kerja event, pakaiannya pasti seksi-seksi. Ternyata enggak loh. Saat itu even Decorintex. Desain interior gitu. Dikira saya designernya malah. Padahal cuma SPG. Wkwkwk. Enak loh, 5 hari kerja dapetnya lumayan hampir sejuta.
  6. Lima hari berlalu, kembali saya sebarkan lamaran kerja seperti sebelumnya. Kala itu saya idak sengaja browsing di internet ada lowongan kerja di Gramedia, dengan kantor di ruko daerah Rungkut Surabaya. Datanglah saya kesana, ternyataaaaa setiba disana ternyata disitu bukan kantor Gramedia. Saya diarahkan untuk mendatangi salah satu pabrik di Rungkut Industri yang katanya kantor Gramedia. Datanglah kesana. Bertemu dengan satpam, ternyata bukan disitu alamatnya. "Kalau mau melamar, langsung di Gramedia pusat aja mbak, di Basuki Rahmat ituloh" gitu taka satpamnya. Tanpa pikir panjang langsung deh kesana panas-panas. Awalnya niat pulang ke rumah. Tapi karena saking pengennya bekerja, saya lakukan. Tiba di Gramedia Expo, saya tanya ke CSnya. "Mbak, apakah disini sistenya rolling?" saya tanya gitu. "Oh enggak mbak, kalo mbaknya naruh disini ya ditempatkan disini mbak" begitu jawabnya. Akhirnya saya bilang terima kasih dan langsung berangkat ke Pakuwon Mall Surabaya. Saya naruh lamaran disana, langsung interview, dan besoknya interview lagi, dan besoknya sudah boleh kerja. Alhamdhulillah, sudah 2 tahun saya bergabung di Gramedia Pakuwon sebagai Cashier.
     Sesuai keinginan saya yg sudah lama, tepat di bulan Mei 2015 saya mendaftar kuliah di Universitas Bhayangkara. Sekitar Agustus atau September 2015 saya resmi menjadi mahasiswa Akuntansi di sana. Senang sekali bisa kuliah dengan hasil sendiri :)

BISNIS PULSA GRATIS ? KLIK DISINI .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUS PENIPUAN INTERVIEW KERJA . WASPADALAH !!!

Pagi ini, 13 Mei 2017 saya dapat balasan email dari hrd.bca@asia.com   , seneeeeeng banget dapet panggilan interview. Kaget sekali ya, nggak main-main loh, interviewnya di Bali, dan katanya biaya akomodasi ditanggung oleh Bank BCA. Ini nih screenshot yang bikin saya seneng pagi-pagi. ( gambar 01 ) Terus saya baca tuh semuanya dari A-Z hingga saya SMS konfirmasi kedatangan, seperti ini nih formatnya : ( gambar 02 ) Saya hubungi tuh nomor yg tercantum. Pertama, orangnya cuma bilang hallo-hallo aja. Otomatis saya curiga dong ? Kedua, saya telpon dan sebutkan nama beliau , baru deh bilang lembaga dari ASITA TOURS AND TRAVELS. Saya dijelaskan panjang lebar, bahwa saya harus transfer senilai Rp3.250.000 untuk biaya pesawat,hotel,makan selama interview di Bali. Pak Benny sudah bilang kalau biaya tersebut akan dikembalikan semua pada akhir seleksi interview, ntah keterima atau enggak. Curiga lah saya ketika diminta uang segitu banyak. Pas saya save nomer Pak Benny, saya be